This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 03 September 2023

One Piece E[isode 1 -1072

 One piece episode 1 - 1072: 

1. episode 1 Episode 1

2.

3.

4.

Kamis, 16 Januari 2020

Section 08 Mengenai Fungsi PHP dalam WEB

Sesuai Dengan Penejelasan Materi Disection 8
Mengenai Fungsi PHP dalam Web ( Gunakan Tools Notepad ++ )
Silahkan Peserta Kelas Melakukan Modifikasi Pada 4 Latihan Berikut
Latihan 1 : di rubah isinya menjadi nama anda
Latihan 2 :Tampilkan Picture Logo Anda
Latihan 3 : Isi Biodata Anda

CONTOH HTML

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title>Membuat Link</title>
</head>
<body>
<h1>Selamat datang di website saya</h1> 
<h1>BIODATA</h1>
<h3>Nama  :Danang kurniawan</h3>
<h3>NPM   : 195120031</h3>
<h3>Fakultas: Komputer</h3>
<h3>Prodi : Teknologi Informasi</h3>
<h3>Agama : ISLAM</h3>
<h3>Hobi    : Youtub.an</h3>
<a href="latihan1.html">buka Latihan 1</a><br> 
<a href="latihan2.html">buka Latihan 2</a>
</body>
</html>

Section 07 DOM (Document Objek Modul)

manjadda.com adalah aplikasi toko online yang mengkhususkan pada penjualan barang-barang berkategori islami ataua religi, jadi barang barang yang di jual di toko online ini antara lain seperti Sajadah, Sarung, Peci, Al-Qur'an, Juz Amma, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini dibuat karena untuk memotivasi umat beragama islam untuk lebih giat lagi dalam menjalani ibadah karena dengan begitu kita semua bisa menjadi lebih baik lagi, selain itu dengan adanya aplikasi ini karena kurangnya aplikasi toko online yang menyediakan perlengkapan islam secara khusus karena kebnyakan aplikasi toko online berkategorikan general. 

Section 06 - Aplikasi CAT 2.0

Disection Ini Mahasiswa diwajibkan untuk meng-oprek Prototype yang dikirimkkan Pak Arie

Sabtu, 11 Januari 2020

Section 05 - Web Programing




WEB PROGRAMING
Loncat ke navigasiLoncat ke pencari
Teknologi Web

I. Pengenalan
World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini. Internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW. WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP), dengan menggunakan HTTP dapat membuat user untuk mengakses suatu halaman web melalui protocol TCP/IP menjadi lebih mudah.
Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser ketika Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video, dan animasi.

II. Internet & Web Browser
Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang me-request dokumen-dokumen dari komputer-komputer yang terkoneksi internet (server) di seluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser. Browser menampilkan sesuai instruksi (format) HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.

III. Sejarah World Wide Web
  • Hypertext [Bush 1945, Nelson 1960’s], Awal '90-an, Tim Berners-Lee, sarjana fisika pada riset Nuklir Swiss (CERN) menciptakan HyperText Markup Language (HTML) dan Browser teks pertama: Lynx.
  • Pada saat ini Berners-Lee memimpin WWW Consorsium (W3C) lembaga yang menyusun standardisasi HTML dan dokumen web.
  • Tahun 1993: Browser grafis pertama: Mosaic dibuat oleh Andressen dan Eric Bina (mahasiswa University of Illinois)
  • Tahun 1994: Andressen kemudian bekerja untuk Netscape, dan membuat Netscape Navigator, browser grafis populer pertama
  • Tahun 1995: Microsoft membuat Internet Explorer
  • Pada saat ini Browser yang digunakan adalah: Mozilla FireFox, Opera, dll.

IV. Fakta
Browsing/surfing atau berselancar sudah merupakan aktivitas rutin sehari-hari. Internet menjadi sumber informasi yang tak terhingga! (apalagi dengan adanya Yahoo! dan Google). Jutaan halaman web baru bermunculan setiap hari. Konten web semakin bervariasi dan dapat dikontribusi oleh siapa saja, di mana saja.

V. Killer Appplication
1. Internet
  • Email
  • Online Games
  • Chat (mIRC, Yahoo Messenger)
  • Google Earth
2. Web Based
  • Search Engine (Yahoo!, Google)
  • Web Blog
  • Web Komunitas: Friendster, MySpace, Multiply, Hi5, Yahoo 360°, YouTube

VI. Kategori Web
Berdasarkan keter-update-an isi web:
  • Web Statis
Website ini merupakan website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya dengan tampilannya selalu tetap dan tidak terkoneksi dengan database.(jika tidak di-update). Website ini hanya memungkinkan user untuk melihat isi dan informasi website tersebut tanpa bisa melakukan interaksi. yYng bisa dilakukan user hanyalah mengklik image dan link yang ada untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Website ini biasanya hanya berisi tag-tag HTML murni, CSS dan java script sebagai scripting language-nya.
  • Web Dinamis
Website yang isi tampilannya tidak statis. Website ini dibagi menjdi 2 bagian yaitu: 1. Client Side Technology Client side Technology adalah teknologi web programming dimana script dijalankan komputer client, tanpa berinteraksi dengan server. Di client slide teknlogi ini, code script sangat bergantung pada browaser yang digunakan. Contoh script: java script, VB script, ActiveX Contorl, Java Applets.
2. Server Side Technology Server Side Technology adalah teknologi web dengan script dijalankan di server, kemudian hasil dari pemrosesan itu kemudian dikirimkan ke client (browser) dalam bentuk HTML murni sehingga bisa ditampilkan oleh pengguna.
Keunggulan Server Side Technology: - Tidak tergantung pada browser - lebih aman, karena script di server tidak bisa dilihat browser - waktu load lebih cepat karena yang diunduh adalah dokumen HTML murni.
contoh script: PHP, ASP (Active Server Page), CGI (Common Gateway Interface).

HTML
Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993). HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan. (18 Desember 1997).

XHTML
XHTML adalah sebuah kombinasi dari HTML dan XML (Extensible Markup Language) & merupakan bentuk sempurna (dalam arti, lebih ketat dan bersih dibandingkan HTML). Tujuan XHTML adalah menggantikan HTML. XHTML adalah bentuk HTML yang didefinisikan sebagai aplikasi XML yang berarti XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 dikombinasikan dengan sintaks XML. XHTML adalah bahasa markup sebagaimana HTML, tetapi dengan gaya bahasa lebih baik. XHTML merupakan versi HTML yang memenuhi persyaratan XML dan merupakan sebuah dokumen HTML, dan XHTML menjadi standar internasional dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh W3C (World Wide Web Consortium). Beberapa ciri dari XHTML:
Elemen XHTML harus bersarang dengan sempurna.
Elemen XHTML harus ditulis dalam huruf kecil
Elemen XHTML harus selalu diakhiri tag penutup
Dokumen XHTML harus memiliki satu root element
Dan sebagai contoh perbedaan dari HTML dan XHTML, lihat struktur standar berikut: Contoh HTML:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>..........</TITLE>
</HEAD>
<BODY>.........</BODY>
</HTML>
Contoh XHTML:
<!DOCTYPE.....>
<html>
<head>
<title>........</title>
<body>......</body>
</html>



JHTML
JHTML yang merupakan singkatan dari Java Dynamic HTML adalah salah satu dari sekian banyak framework yang digunakan saat ini. JHTML memanfaatkan "Action" dari XML yang tertanam pada halaman HTML untuk secara dinamis menyusun halaman web. XML Action itu sendiri ditambahkan ke dalam halaman web kita untuk mempermudah pembuatan konten web dinamis.
Format XML Action:
<pager:insert page="page name"/>

JHTML dikembangkan oleh sebuah produk open source dari software house yang dikenal dengan nama Rio Software and Tecnologies Ltd.

Pemrograman Website
Dalam pemrograman website, dapat dibagi menurut berbagai sudut pandang. Berikut adalah susut pandang pemrograman website dilihat dari hak akses penggunanya.
1. Client Side Script:
Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh browser client. Contohnya adalah Javascript dan VBScript. Ciri dari Client Side Script adalah script yang ditambahkan (embedded) pada halaman web yang sebelumnya hanya disusun dengan sintaks HTML. Penambahan script ini mempunyai tujuan tertentu misalnya menampilkan jam dan tanggal yang up-to-date, membuat menu yang dinamis (misal: pull down menu), melakukan fungsi kontrol terhadap sebuah window, membuat animasi sederhana, membuat animasi mouse, maupun untuk validasi form. 
Keuntungan dan kerugian Client Side Script adalah sebagai berikut.
a. Keuntungan:
-Waktu proses relatif cepat karena langsung dieksekusi oleh browser client
-Tidak memerlukan web server untuk hosting
-Dapat dieksekusi langsung oleh berbagai browser
b. Kerugian:
-Script bisa dilihat oleh pengguna
-Script dapat di copy-paste
-Tidak cocok untuk akses data atau database
2. Server Side Script:
Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh server, hasilnya dalam bentuk html yang dikirim ke client. Server Side ini digunakan untuk membuat aplikasi web atau konten-konten dinamis seperti news dan buku tamu. Contoh dari sisi server ini adalah beberapa bahasa pemrograman web seperti PHP(open source dan banyak digunakan luas), Active Server Pages (ASP) dan ASP.Net yaitu teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft, ColdFusion (CFM) yang dikembangkan oleh Macromedia, Java Server Pages dan Servlet yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, Common Gateway Interface (CGI) yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ atau Perl, dan Server Side Include (SSI) seperti misalnya Frontpage Server Extension. Keuntungan dan kerugian Server Side Script adalah sebagai berikut.
a. Keuntungan:
-Script tidak bisa dilihat oleh pengguna, sehingga tidak dapat di-copy-paste
-Cocok untuk akses data atau aplikasi database
-Untuk membuat fitur-fitur tertentu yang berguna, misalnya: hit counter, user manajemen, disain yang dinamis, CMS, dll
b. Kerugian:
-Waktu proses relatif lebih lambat karena dieksekusi oleh server
-Memerlukan web server untuk hosting
Contoh dari aplikasi berbasis web pada saat ini sangat banyak variannya karena sebuah pekerjaan yang semula dikerjakan dengan teknik manual maupun aplikasi offline dikembangkan ke aplikasi web based seperti:
a. E-Commerce: describes the concept of conducting transactions between a buyer and a seller over an electronic network (Internet).
b. E-Business: describes all aspects of doing business on/with/through the Internet. E-Business includes all aspects of E-commerce.
c. E-Learning dan E-Government.
d. Dan jenis E-E yang lainnya.
Sedangkan untuk para pengembang atau para developer dari website sendiri dapat dibagi dan dipisahkan menjadi beberapa aktor atau bagian seperti:
a. Web Designer yang membuat desain web.
b. Web Programmer yang membuat script untuk halaman web.
c. Web Administrator yaitu sebagai administrator web.
Ketiga aktor inilah yang melakukan tahapan dalam sebuah pengembangan suatu website yang meliputi tahap Web Designing yaitu proses hingga jadi halaman-halaman web secara lengkap dan siap tayang dan tahapan berikutnya adalah Web Deploying yaitu proses untuk membuat website terpasang pada server internet dan dapat diakses orang lain.

CSS (Cascading Stylesheet)
CSS adalah bagian dari sebuah website yang khusus dibuat untuk mengatur tampilan sebuah website. Kita dapat mengontrol isi (konten) dan tampilan secara terpisah. Perubahan konten tidak mengharuskan kita melakukan perubahan tampilan, demikian juga sebaliknya. Teknologi CSS dimaksudkan untuk mempermudah perancangan web yang indah dan fleksibel. Fleksibilitas adalah hal yang tidak akan diperoleh jika menggunakan HTML saja. Satu file CSS (*.css) dapat digunakan untuk banyak halaman, sehingga perubahan desain visual untuk banyak halaman dapat dilakukan hanya melalui modifikasi satu file CSS. Beberapa penggunaan CSS pada saat ini adalah sebagai kontrol aspek visual keseluruhan halaman website serta untuk membuat layout yang standar (kolaborasi dengan XHTML). Dalam teknik pembuatan layout HTML terbagi menjadi beberapa tahapan sejarah yang berkembang dari waktu ke waktu seperti Frame adalah cara lama yang sekarang ini sudah jarang digunakan, kemudian berkembang ke teknologi Tabel yang disukai oleh sebagian besar designer web yang ada, dan kini berubah menjadi teknologi CSS yang merupakan metode baru yang sekarang ini menjadi standar dalam suatu pembuatan website.

Section 04-Praktikum Pemprograman Dasar (struktur XML BLOG)

Mengenal Apa itu XML dan Manfaatnya Untuk Blogger ?

Apa itu XML ?

XML itu kepanjangan dari eXtensible Markup, XML ini biasanya digunakan untuk menyimpan data atau informasi. karena XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur.
XML dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML sebenarnya bukan teknologi baru, tetapi turunan dari SGML yang telah dikembangkan diawal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis proyek-proyek berskala besar. Pada saat HTML dikembangkan tahun 1990, para penggagas XML mengadopsi bagian paling penting pada SGML dan dengan berpedoman pada pengembangan HTML menghasilkan markup language yang tidak kalah hebatnya dengan SGML.
Seperti halnya HTML, XML juga memiliki elemen – elemen yang ditandai dengan Tag Pembuka dan Tag Penutup, Kode untuk Tag Pembukanya juga sama yaitu dengan kode “<” dan kode penutupnya “> “atribut elemen(parameter yang dinyatakan dalam tag pembuka misal <form name=”isidata”>). Perbedaan dari HTML dan XML adalah kalau HTML medefinisikan dari awal tag dan atribut yang dipakai didalamnya

Kamis, 07 November 2019

Section 03 Pemrograman Dasar


  1. DEFINISI KOMPUTER
Komputer berasal dari bahasa latin Computare yang artinya menghitung.
Ada beberapa pengertian menurut para ahli :
  • Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual, Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : Menerima input, memproses input yang diterima tersebut sesuai dengan programnya, menyimpan perintah – perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Gordon B. Davis dalam bukunya Introduction To Computers, ” Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Untuk menemukan lebih banyak lagi pengertian komputer, bisa kunjungi alamat web berikut ini : http://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/pengertian-komputer-menurut-para-ahli
Nah dari beberapa pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa komputer adalah :
  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data
  • Dapat memberikan informasi
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (Stored program)
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
A computer is an electronic device, operating under the control of instructions stored in its own memory, that can accept data (input), process the data according to specified rules (process), produce results (output), and store the results (storage) for future use.
  1. SEJARAH KOMPUTER
  • Pre Komputer
  • Generasi I (1949 –1955) ENIAC, UNIVAC I;à: vacuum tubes based
  • Generasi II (1956 –1965) : transistor based, bahasa pemrograman fortran, COBOL, dan Algol;
  • Generasi III (1966 –1975) : Integrated Circuit based (SSI dan MSI Circuit;
  • Generasi IV (1976 –1995) : LSI dan VLSI Circuit, Memory semiconductor, HDD, networking, Unix OS, bahasa pemrograman pascal, C, C++, prolog
  • Generasi V (1995 –sekarang) : ULSI Circuit, Multicore, AI
Berikut ini penjelasan singkat mengenai sejarah komputer.
PRE KOMPUTER
Nah, pada zaman ini komputer yang digunakan masih kuno sekali guys, kemampuannya sangat terbatas, tidak seperti komputer yang kita gunakan sekarang. Namun, jangan salah gaes. dari komputer kuno itulah kita akhirnya bisa menikmati komputer secanggih sekarang ini, hehe. Yuk langsung aja, berikut ini adalah komputer-komputer atau bisa dibilang mesin (Karena fungsinya masih mekanik, belum seperti komputer) yang termasuk dalam masa pre komputer.
  • Tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), menemukan kalkulator roda numerik yang bernama Pascaline, dan digunakan untuk menghitung pajak.
  • Tahun 1694, Gottfred Wilhemvon Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan, karena Pascaline hanya bisa menjumlahkan.
  • Tahun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang namanya Arithometer, nah mesin ini makin lengkap juga gaes. Karena mesin ini bisa melakukan 4 fungsi aritmatik yaitu tambah, kurang, kali, dan bagi.
  • Tahun 1822, Charles Babbage (1791-1871) menemukan mesin differential, mulai dari masa ini sudah bisa mencetak secara otomatis.
  • Tahun 1832, Babbage bersama asistennya, Augusta Ada King (1815-1842), membuat komputer general-purpose yang pertama, disebut Analytical Engine.
  • Tahun 1889, Herman Hollerith (1860-1929) membuat Alat mekanik yang menerapkan prinsip kartu perforasi (berlubang) untuk menyimpan data hingga 80 variabel.
  • Tahun 1931, Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial yang dianggap rumit. Bentuknya sangat besar dan berat karena mempunyai ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan.
  • John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik  dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik, namun proyek mereka terhenti karena kekurangan dana.
Nah, sebenarnya komputer awalnya terbentuk karena dilatarbelakangi untuk keperluan militer yaitu Perang Dunia II. Nah sejak saat itu gaes, pertumbuhan komputer semakin maju dan pesat. Contoh pada tahun 1941, Konrad Zuse (insinyur Jerman) membangun komputer Z3 untuk mengendalikan pesawat terbang dan peluru, dan tahun 1943 di Inggris yang menyelesaikan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.
Berikut ini salah satu contoh foto komputer pada masa pre komputer, yaitu pascaline :
Image result for gambar pascaline

GENERASI I (1949 –1955)
  • Komputer Mark I (The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator), oleh Howard H. Aiken (1900-1973) dari Harvard. Komputer tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki, memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil, operasinya lumayan lambat sekitar 3 – 5 detik, dan tidak fleksibel karena urutan penghitungan tidak dapat diubah.
  • Tahun 1945, John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) dari University of Pennsy lvania merancang Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Meskipun komputer ini tidak bisa menyimpan data, tetapi komputer ini bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
  • Tahun 1940, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pensy lvania membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun masih dipakai dalam teknik komputer yaitu Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data.
Karakteristik komputer generasi I
  1. instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
  2. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language).
  3. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
  4. Menggunakan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan menggunakan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
GENERASI II (1956 –1965)
  • Tahun 1956, komputer mulai menggunakan transistor, sehingga lebih ukuran komputer jauh lebih kecil, lebih cepat, dan juga lebih hemat energi.
  • IBM membuat super komputer STRETCH dan Sprery-Rand membuat LARC.
  • Tahun 1960-an, sudah dibentuk komputer yang dapat digunakan di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer ini sudah memiliki printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Contoh : IBM1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
  • Tahun 1965, komputer sudah digunakan sebagai alat untuk memproses informasi  keuangan. Bahasa pemrograman yg digunakan Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) yang lebih mudah dipahami dibanding sebelumnya.
Ciri-ciri komputer pada generasi kedua:
  1. Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil
  2. Adanya pengembangan memori inti­magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya
  3. Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
  4. Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
GENERASI III (1966 –1975)
Pada generasi ini, para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen­komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, ukuran komputer menjadi semakin kecil. Selain itu, penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga :
  1. Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
  2. Ukuran komputer menjadi lebih kecil
  3. Ditemukannya Sistem Operasi
 GENERASI IV (1976 –1995)
Image result for chip intel 4004
(Chip Intel 4004)
  • Muncul Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
  • Chip Intel 4004 tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen komputer (central processing unit, memori, & kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
  • Tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Computer untuk penggunaan di rumah, kantor, & sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, laptop. Komputer dapat dihubungkan dalam suatu jaringan untuk berbagi memori, piranti lunak, informasi, & saling berkomunikasi.                                                                                                                                                                                   Ciri-ciri komputer pada generasi keempat :
    1.  Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
    2.  Digunakannya mikroprosesor
GENERASI V (1995 –sekarang) : ULSI Circuit, Multicore, AI
Image result for komputer apple
Komputer generasi V merupakan komputer masa depan yang ditandai dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia serta kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing.
3. KLASIFIKASI KOMPUTER
Berdasarkan data yang diolah :
  • Komputer Analog, digunakan untuk menerima sinyal analog. Fungsinya untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, seperti mengukur kekuatan cahaya.
  • Komputer Digital, data yang diterima sudah berupa data digital. Ada pun fungsinya untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif.
  • Komputer Hybrid, memiliki kemampuan lebih dari komputer analog dan komputer digital, digunakan untuk mengolah data yang sifatnya kuantitaif maupun kualitatif.
Berdasarkan penggunaannya ;
  • Special Purpose Computer, digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu, contoh kasir pada supermarket.
  • General Purpose Computer, dibuat untuk keperluan umum.
Berdasarkan skala kemampuannya :
  • Small Scale Computer, memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil.
  • Medium Scale Computer, biasanya digunakan untuk melayani penggunanya.
  • Large Scale Computer, merupakan komputer main frame yang dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan fitur lengkap.

4. MICROCONTROLLER
Microcontroller adalah jenis komputer khusus yang dibenamkan dalam suatu perangkat elektronik. Contoh peralatan yang di dalamnya terdapat microcontroller adalah microwave dan televisi.


5. DIGITASI DATA
Penggunaan di masa mendatang.
Nah, di materi ini aku suka banget nih, Gaes. Karena aku jadi tahu fakta yang sebenarnya. Apa sih? Jadi gini, kalian pasti pernah beli atau pun tau flashdisk kan? Nah waktu ditanya “Kapasitasnya berapa?”, pasti jawabnya 2 GB, 4 GB, 8 GB, atau bahkan sampai 32 GB. Tapi kenapa sih waktu flashdisk nya kita masukkin ke laptop atau komputer kapasitas gak sampai yang terbilang seperti itu? Pasti kalau misal ngomongnya 2 GB, aslinya di komputer adalah 1,9.. GB. Iya gak sih? Nah sekarang aku bakal kasih tau cara gimana menghitung kapasitas asli yang terbaca di komputer nih Guys.
Ada flashdisk dengan kapasitas 8 GB. Berapa kapasitas aslinya di komputer?
Nah langkahnya mudah banget Gaes.
Jadi, 1 MB = 1000 KB bagi perusahaan, 1 MB = 1024 KB bagi komputer.
8 GB = 8.000.000 KB
8.000.000 KB : 1024 = 7812500 KB
7812500 KB   : 1024 =  7629,39 MB
7629,39 MB   : 1024 = 7,45 GB
Jadi, kapasitas asli dari flashdisk tersebut di komputer adalah 7,45 GB.
6. CARA KERJA KOMPUTER
PenjelasanLengkapTentangCaraKerjaSistemKomputer
Sistem komputer adalah rangkaian terintegrasi dari hardware dan software yang didesain untuk memroses data dan menghasilkan informasi. Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan brainware.

Pada umumnya komputer terdiri dari 3 elemen utama, antara lain:


Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba.

Macam – Macam Perangkat Keras Pada Komputer (Hardware):


         1. CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.

v 
          2. Motherboard (Mainboard)

Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

v   
     3. Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

v 
          4. Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

v  
      5. Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

v 
           6. RAM (Random Access Memory) 

Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

v 
         7. Harddisk 

Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

v  
           8. Processor

Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.

v 
           9. Power Supply 

Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

v 
           10. LAN Card (Local Area Network) 
LAN (Local Area Network) adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.


Hardware

Hardware adalah kumpulan komponen fisik yang menyusun perangkat komputer. Atau dengan bahasa lain hardware adalah  komponen komputer atau elektronik yang mempunyai bentuk fisik, yang dapat dipegang, dan berkaitan dengan sistem komputer.
Hardware dibagi menjadi 3 secara garis besar yaitu input hardware, process hardware, output hardware. Hardware adalah komponen yang saling berkaitan dengan sofware dan brainware pada komputer. Apabila hardware tidak ada, maka tidak ada komputer. Untuk komputer dapat digunakan dengan normal, maka antara hardware, sotware dan brainware harus ada. Karena jika salah satunya tidak ada, maka sebuah perangkat komputer tidak dapat digunakan.

Fungsi Hardware

Hardaware berfungsi memudahkan pengguna komputer dalam bekerja atau dengan adanya hardware yang lengkap maka sistem komputer dapat berjalan dengan baik. Untuk fungsinya adalah sesuai dengan jenis harware yang ada. Maka untuk itu dibawah ini akan dijelaskan contoh hardware dan fungsinya masing-masing.

Jenis-jenis Hardware

Hardware dibagi menjadi 3 jenis yang dapat kalian lihat dibawah ini:

Hardware Input (Input Device)

Harware input atau disebut input device merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer yang lalu data tersebut masuk ke dalam tahap pengolahan atau sebuah proses. Banyak jenis perangkat untuk mengiput dan mengontrol sebuah komputer.
Contoh harware input: Mouse, Keyboard, scanner, mouse pen, disk drive, joystick,tracball

Hardware Process (Process Device)

Process device atau perangkat pemrosesan adalah untuk memproses dan mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini bisa disebut juga sebagai otak dari sebuah komputer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data yang di input atau dimasukkan. Contoh Hardware Process adalah CPU, VGA, Ram dan sebagainya

Output Device (Hardware Output)

Hardware output merupakan perangkat keras yang dipakai untuk mnecetak dan menampilkan informasi hasi dari inputan data dari harware input dan telah melewati pemrosesan oleh harware proses. Contohnya adalah: Monitor, speakser dan  printer.
Selain yang telah disebutkan diatas, sebenarnya ada perangkat hardware lain yang dapat membantu dalam pengoperasian komputer. Seperti Periferal (Perangkat Tambahan). Perangkat tambahan yaitu perangkat yang berfungi untuk membantu komputer dalam menjalan intruksu atau perintah pengguna. Contohnya adalah modem, modem adalah jenis hardware yang fungsinya untuk komunikasi dengan jaringan internet. Modem dapat menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan internet yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Contoh Hardware dan Fungsinya

  • Casing: Melindungi bagian dalam komputer (motherboard)
  • Powes Supply: Penyedia daya untuk digunakan motherboard
  • Motherboard :Sebagai papan sirkuit utama yang sebagai penghubung komponen harware lainnya.
  • Processor: Pemroses data/otak dari komputer
  • RAM: Menyimpan data yang dibutuhkan CPU secara acak dan sementara. Data akan hilang jika komputer dimatikan
  • ROM: Memori pada komputer yang dapat menyimpan data lebih lama dibandingkan dengan RAM. ROM ini berhubungan dengan BIOS komputer
  • Hard Disk Drive: Perangkat penyimpan data pada komputer
  • DVD/ CD ROOM: Membaca dan menulis data ke media CD/DVD
  • Keyboard: Papan Ketik
  • Mouse: Sebagai penunjuk
  • Webcam: Mengambil dan merekan gambar
  • Mikrofon: Mengambil suara
  • Scanner: Memindah berkas
  • Touchpad: Sama seperti mouse, tetapi adanya di laptop saja
  • Trakball: Seperti mouse tapi lebih mudah dalam menggunakannya
  • Monitor: Menampilkan visual dari komputer ke layar monitor
  • Speaker: Pengeras suara

Pengertian Software

Software biasanya kita terjemahkan sebagai perangkat lunak. Tetapi bagi mereka yang baru belajar komputer, biasanya akan bertanya kembali: apa itu perangkat lunak. Agar tidak mengulang pendefinisian, lebih baik kita definisikan software secara lebih detail.
Secara umum, software adalah data yang sengaja diprogram sekaligus juga disimpan dalam sebuah komputer secara digital yang tidak bisa terlihat secara fisik. Software atau perangkat lunak ini berupa program yang berguna untuk menjalankan perintah atau intruksi.
Melalui software inilah komputer bisa menjalankan atau mengoperasikan sebuah perintah. Software bisa pula dikatakan sebagai pengontrol atau penggerak perangkat keras (hardware). Hardware mengenali software dari bahasa pemprograman yang berupa kode-kode yang disatukan.

Fungsi Software

Dari pengertian software di atas, sudah saya singgung peran dan fungsi software. Secara umum, software memiliki fungsi yang membuat komputer bisa dijalankan. Tanpa adanya software, hardware yang merupakan komponen komputer hanyalah akan menjadi benda mati. Untuk lebih detailnya, berikut fungsi software:
  • Software memiliki fungsi untuk menyediakan fungsi dasar sebuah komputer. Fungsi dasar inilah yang membuat komputer bisa dioperasikan dan dijalankan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung
  • Software mengatur hardware bisa bekerja secara padu. Pernah tidak kamu membayangkan bagaimana antar satu hardware dengan hardware lainya di komputer bisa saling bekerja sama? semua itu terjadi karena adanya software. Software membuat hardware bekerja secara bersama-sama.
  • Software menjadi penghubung antara software dengan hardware. Beberapa software ternyata juga memiliki peran sebagai penghubung antara software-software dengan hardware.
  • Software juga bisa berfungsi sebagai penerjemah bagi software lain. walaupun memang fungsi semacam ini tidak dimiliki oleh semua software. Fungsi penerjemah ini berkaitan dengan instruksi bahasa mesin untuk bisa di terima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program. Software juga sangat penting keberadaanya untuk mengidentifikasi program dalam komputer.
Melihat fungsi software yang begitu vital bagi komputer, maka tak salah bila menyebut software sebagai nyawanya komputer. Bagaimanapun, komputer baru bisa berjalan bila ada hardware dan software.

Jenis-jenis Software

Melihat fungsi software yang beragam, tentu saja bisa kita tebak bahwa jenis software ini tak hanya satu. Melainkan ada beberapa. Dan benar saja, jenis software saat ini ada banyak sekali jenisnya. Berikut beberapa jenis software menurut jenisnya:

1. Sistem Operasi

Inilah software paling dasar yang wajib dimiliki komputer. Tanpa software ini bisa dipastikan komputer tidak akan bisa dioperasikan. Namanya Sistem Operasi yang dalam bahasa inggris disebut Operating System atau OS. Saking vitalnya Sistem Operasi, tanpanya pengguna tidak akan bisa menggunakan hardware ataupun software lainya di dalam komputer.
Yang perlu kamu tau, sistem operasi ini jenisnya tidak hanya satu. Melainkan ada banyak. Tiap komputer harus diinstal satu Sistem Operasi untuk bisa digunakan. Berikut beberapa pilihan Sistem Operasi komputer:
  • Microsoft Windows. Sampai dengan saat ini, Operating System ciptaan Microsoft Corporation ini memiliki tingkat populer yang tinggi. Banyak pengguna komputer yang memilih menggunakan Windows sebagai OS komputernya dibanding yang lain. 

  • Berikutnya ada Unix yang merupakan OS hasil buatan Dennis Ritchie dan Ken Thompson. Inilah OS yang didesain serupa dengan OS portable, multi-user dan multi-tasking.

  • Macintosh Operating System. OS ini lebih dikenal sebagai MacOS, yang merupakan OS khusus diciptakan untuk komputer Macintosh (komputer keluaran Apple). Pertama kali, OS ini diperkenalkan pada tahun 1984. Sejak pertama kali muncul, MacOS langsung menyita perhatian pengguna. 

  • Dari namanya, mungkin kamu bisa menebak bahwa OS ini masih ada hubunganya dengan UNIX. Dan memang benar, OS ini merupakan keturunan dari UNIX. Dari segi penjualan, linux bersaing dengan Windows dan MacOS. 
Selain beberapa jenis OS dia atas, tentu saja masih ada banyak jenis OS lainya. Sebut saja: Amiga, Garuda, Be OS, Google Chrome dan lain sebagainya.

2. Software Pengolah Kata

Berikutnya ada software pengolah kata. Sesuai nama software ini, program atau aplikasi ini digunakan user untuk mengolah kata di komputer. Beberapa contoh software pengolah kata misalnya:
  • Lotus Word Pro. Merupakan software pengolah kata buatan IBM. Kelebihan software terletak pada hasil pengolahan katanya yang bisa dibukan dan disunting menggunakan Microsoft Word. Adanya Helpful Menu Finder yang bisa digunakan untuk menemukan perintah-perintah menjadi kelebihan tersendiri.
  • OpenOffice Writer. Software pengolah kata lainya adalah OpenOfficer Writer yang memiliki kelebihan pada kemampuanya yang bisa digunakan pada multiplatform OS. Jadi ia bisa digunakan di Windows, MacOS, linux, Unix dan lainya. fiturnya serupa dengan apa yang dimiliki oleh Microsoft Word. Hasil olahan kata OpenOffice Writer juga bisa dibuka dan diedit menggunakan Microsoft Word, begitu juga sebaliknya.
  • Microsoft Word. Inilah software pengolah kata yang paling populer bagi hampir seluruh pengguna komputer. Software hasil buatan Microsoft Corporation ini biasanya sepaket dengan Microsoft Office lain, seperti Excel, Acces, Power Point dan sebagainya. software ini punya banyak kelebihan jika dibanding dengan software pengolah kata lainya. Mulai dari user friendly, berfitur lengkap, dan bisa digunakan untuk membuka banyak jenis file.
Selain beberapa jenis software pengolah kata di atas, juga masih ada puluhan software pengolah kata lainya. Sebut saja Star Office Writer, Corel Wordperfect dan lain-lain.

3. Software Pengolah Angka

Kalau ada software pengolah kata, tentu saja ada software pengolah angka. Dan salah satu jenis paling populer adalah Microsorf Excel. Tapi sebenarnya masih ada banyak jenis software pengolah kata lainya, sebut saja:
  • Kspread. Inilah salah satu jenis software pengolah kata gratis dengan sifatnya yang bebas terbuka alias open source. Selain itu, software ini juga multiplatform atau bisa digunakan dibanyak OS. Kelebihanya terletak pada tampilan dan navigasinya sehingga mudah digunakan. Bahkan ia mampu melakukan perhitungan hingga lebih dari 100 fungsi.
  • Star Office Calc. Tidak jauh berbeda dengan software pengolah kata yang pertama dalam daftar ini, software buatan Sun Micro System ini juga bisa digunakan di banyak OS (multiplatform). Ia juga mampu membuat dan mengolah banyak angka pada lembar kerja untuk diterjemahkan dalam bentuk grafik.
  • OpenOffice Calc. Berikutnya ada OpenOffice Calc yang juga merupakan software open source dan multiplatform. Ia juga mampu untuk mengolah banyak angka. Software ini bersifat freeware, sehingga bisa digunakan secara bebas dan gratis tanpa harus membayar lisensi. Kelebihanya terletak pada tampilanya yang user friendly.
Selain beberapa software pengola angka di atas, juga masih ada beberapa jenis software pengolah angka lainya. sebut saja Lotus 123, dan lain-lain.

4. Software Antivirus

Berbeda dengan beberapa jenis software di atas yang berguna untuk menunjang kinerja komputer, antivirus bertugas untuk mengamankan komputer. Itulah mengapa, software ini sering pula disebut sebagai Virus Protection Software. Karena itu, fungsi utama software ini adalah melakukan scanning dan menghapus virus dari sistem komputer. Beberapa jenis antivirus terbaik yang bisa kamu gunakan misalnya Smadav, BitDefender, AVG, Avira, Norton, McAfee Secure dan lain-lain.
Perlu kamu ketahui, jenis-jenis software berdasarkan fungsinya masih ada banyak jenis lainya. Misalnya software pengolah gambar, software pengolah video dan lainya.

Jenis Sofware Berdasarkan Model Distribusinya

Selain berdasarkan fungsinya, software juga bisa dibedakan berdasarkan pada model distrubusinya atau bisa pula berdasarkan jenis layanan yang diberikan. Berikut beberapa jenis software berdasarkan distribusinya:
  • Freeware adalah jenis software yang didistribusikan dan bisa digunakan secara gratis tanpa batasan waktu. Umumnya, freeware adalah hasil karya para komunitas yang disumbangkan kepada. Mereka hanya memegang hak sebagai pengembang dan pengontrol saja. setiap orang bebas mengembangkan software yang sifatnya freeware.
  • Shareware merupakan software yang bisa digunakan secara gratis tetapi dengan fitur yang dibatasi. Biasanya software yang sifatnya masih uji cobalah yang diberikan lisensi shareware. Sehingga ada pula yang menyebutnya sebagai Trialware.
  • Firmware merupakan software yang tersimpan di dalam ROM (Read Only Memori). Firmware tidak bisa diubah sekalipun tidak dialiri oleh listrik. Walaupun ada beberapa firmware yang bisa diubah, mislnya yang ada di EEPROM atau Flash ROM.
  • Commercial Software adalah software yang dikomersilkan. Jadi untuk bisa menggunakanya harus membeli terlebih dahulu. Beberapa contoh software jenis ini misalnya Corel Draw, Microsoft Visual Basic NET, Adobe Photoshop dan lainya. Software jenis ini dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta.
  • Free Software adalah dalah jenis software yang boleh untuk digunakan, dimodifikasi, disalin atau bahkan diubah. Istilah free software ini muncul dari seorang bernama Richard Stallman dan organisasi Free Software Foundation.
  • Open Source Software merupakan tidak jauh berbeda dengan freeware. Jenis perangkat lunak ini kode sumbernya bisa untuk diubah, ditingkatkan, dipelajari, dan juga bebas untuk disebarluaskan.
  • Malware adalah perangkat lunak yang berbahaya karena diciptakan untuk merusak sistem komputer. Istilah ini berasl dari kata Malicious dan Software. Beberapa jenis malware misalnya kuda troya (trojan horse), cacing komputer, perangkat iklan (adware), rootkit, crimeware dan lainnya.
Fungsi Software Secara Umum
Pada dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer dapat menjalankan perintah dari user. Mengacu pada pengertian software yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi software adalah sebagai berikut:

a.       Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya  ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.

b.      Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara simultan.


c.       Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.

d.      Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.

e.       Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.

Dari penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah bila software dianggap sebagai nyawa dari sebuah komputer. Bagaimanapun juga, sebuah komputer hanya dapat beroperasi bila memiliki perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya

Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Sedangkan beberapa contoh brainware adalah programer, netter, dan para pengguna komputer lainnya.
Brainware sering juga disebut sebagai perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan hardware (perangkat keras) ataupun software (perangkat lunak). Pengguna komputer biasa disebut dengan user, mereka dibagi menjadi beberapa macam,
Berikut ini adalah contoh brainware:

1.Programer: orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.

2.Administrator: orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.

3.  Operator: orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.




Fungsi Komputer


Dalam prinsipnya komputer memiliki 4 fungsi dasar, diantaranya :
  • Data Processing (Pengolahan Data)
  • Data Storage (Penyimpanan Data)
  • Data Movement (Pemindahan Data)
  • Control (Pengendalian)
1. Data Processing 
Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu Informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.

2. Data Storage
Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya ketika menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (open).


3. Data Movement 
Komputer juga dapat  melakukan pemindahan data dari satu kemputer ke komputer lain atau alat- alat output lain.
4. Control
Komputer juga memiliki alat pengendali tersendiri.

Komponen Komputer

Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit. Yaitu unit pemasukan (Input), unit pemrosesan (Process), dan unit pengeluaran (Output).

1. Komponen INPUT
Komponen input adalah komponen hardware yang berfungsi sebagai pintu masuk tugas- tugas yang akan diberikan pada komputer.

2. Komponen Proses
Komponen proses adalah komponen yang fungsinya memproses perintah yang diberikan oleh user untuk kemudia ditampilkan pada komponen output.

3. Komponen Output
Adalah komponen yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya. 

  • Bilangan Biner

Bilangan Biner atau binary atau binary digit (dapat disingkat menajdi bit) adalah salah satu jenis dari sistem bilangan yang ada. Bilangan Biner terdiri dari angka 0 dan 1.
Komputer menggunakan Bilangan Biner agar bisa saling berkomunikasi antar komponen (hardware) maupun antar sesama komputer. Karena komputer hanya menggunakan bahasa mesin, yaitu apabila komputer mendapatkan sinyal listrik atau tegangan listrik (Volt), berarti bernilai 1. Apabila komputer tidak mendapatkan sinyal listrik atau tegangan listrik, berarti bernilai 0.
Bilangan Biner digunakan juga untuk menyusun suatu data ataupun file yang terdapat di dalam komputer. Misalnya terdapat suatu file yang berukuran 1MB (Mega Byte). Apabila 1 Byte= 8 bit, berarti file tersebut tersusun atas beratus-ratus bit menjadi sebuah file tersebut.

Bilangan Biner juga digunakan untuk berkomunikasi antar sesama komputer dalam suatu jaringan. Karena komputer hanya mengerti Bilangan Biner, maka komputer menstransmisikan sinyal-sinyal listrik ke perangkat jaringan untuk bisa berkomunikasi satu sama lain. Bilangan Biner sangat penting dalam menyusun suatu jaringan komputer. Untuk menyusun suatu IP Address, Bilangan Biner sangatlah diperlukan. 



Satuan Ukuran File Detail Lengkap:

 1.Bit
Singkatan dari binary digit (angka biner)- merupakan satuandata terkecil

2.Byte
Terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information).

3.Kilobyte
Satu kilobyte data bejumlah begitu bermakna. Satuan kilo biasanya berarti seribu, tapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, Komputer kan bekerja dengan sistem biner, maka satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte. Walau begitu, untuk mudahnya, Anda boleh memperkirakan satu kilobyte sama dengan 1.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan ini, misalnya, terdiri dari sekitar 12.000 karakter. Jadi, besarnya dalam komputer sekitar 12 KB.

4.Megabyte
Diatas kilobyte, kita menemukan satuan megabyte (MB). Orang biasanya menyebutkan “satu mega” saja. satu MB sama dengan 1.024 kilobyte. Dan itu artinya 1 MB sama dengan 1.048.576 byte, bukan sejuta byte. Memory komputer pada umumnya diukur dengan satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan seterusnya.

5.Gigabyte
Ukuran penyimpana data di komputer kini tidak lagi menggunakan satuan megabyte. Coba saja periksa harddisak yang ada di pasaran saat ini. Semua sudah menggunakan satuan gigabyte (GB). satuan gigabyte sama dengan 1.024 MB. Diatas satuan ini ada lagi satuan terrabyte (TB) yang sama dengan 1.024 GB. Kapasitas Harddisk diukur dengan GB.

6.Kilobit
Satuan ini tidaklah sama denga satuan kilobyte. Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. Satu kilobit sama dengan 1000 bit. Sebuah modem, contohnya, menawarkan kecepatan download maksimum 56 Kb/s. Itu artinya modem tersebut mampu mengantarkan 56 kilobit (56.000 bit) data melalui jalur telephone dalam setiap detiknya. Ambil kalkulator dan coba hitung, kecepatan tersebut sama dengan 6.9 KB/s (kilobytepersecond).

7.Megabit
Dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dikantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100 Mb/s atau sama dengan seratus juta bit setiap detiknya. Coba lakukan perhitungan kembali. Bahwa kecepatan transfer setinggi itu (100 Mb/s) sama dengan kecepatan 11,9 MB perdetik.

8.Hertz(Hz)
Hertz sebenarnya adalah nama keluarga dari Heinrich Rudolf, ahli fisika Jerman yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. Begitulah asal satuan Hertz. Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik. Di dunia komputer, satuan ini juga banyak digunakan. Pada monitor-monitor CRT misalnya, satuan Hz sebenarnya menggambarkan kemampuan me-refresh layar setiap detiknya. Monitor yang menawarkan refresh rate 85 Hz mampu me-refresh gambar pada layar sebanyak 85 kali setiap detik. Hal ini membuat tampilannya terlihat halus dan tidak berkedip.

  • Kilo Byte (KB) = 1,024 Byte
  • Mega Byte (MB) = 1 ,048,576 Byte sama dengan 1,024 Kilo Byte (KB)
  • Giga ByteMega Byte (MB)
  • Tera Byte (TB) = 1,099,51 1,627,776 Byte sama dengan 1,024 Giga Byte (GB)
  • Peta Byte (PB) = 1,125,899,906,842,624 Byte sama dengan 1,024 Tera Byte (TB)
  • Exa Byte (EB) = 1,152,921,504,606,846,976 Byte sama dengan 1,024 Peta Byte (PB)
  • Zetta Byte (ZB) = 1,180,591,620,717,411,303,424 Byte sama dengan 1,024 Exa Byte (EB)
  • Yotta Byte (YB) = 1,208,925,819,614,629,174,706,l76 Byte sama dengan 1,024 Zetta Byte (ZB).